Baja, Besi

Pertimbangan Penting Ketika Membeli Besi atau Baja

Sebelum memulai untuk membangun sebuah bangunan, Anda tentu perlu membeli bahan konstruksi yang dibutuhkan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum membeli, seperti harga dan kualitas bahan konstruksi besi atau baja. Anda harus memastikan selain harga yang terjangkau, kualitas bahan yang dipilih juga harus maksimal agar bangunan yang dihasilkan juga berkualitas maksimal dan tahan lama.

Besi atau baja merupakan bahan konstruksi yang sangat vital sehingga tidak bisa dipilih sembarangan. Jenis besi untuk bahan konstruksi yang tersedia di pasaran sangat beragam misalnya seperti, besi beton, besi CPN, besi plat, besi pipa, wire mesh dan sebagainya. Begitupula dengan jenis baja, misalnya seperti baja wide flange, baja T-Beam, baja Kanal U dan sebagainya.

Sebelum memilih baja maupun besi mana yang akan dibeli, simak terlebih dahulu informasi penting yang perlu diperhatikan saat membeli besi atau baja berikut ini.

Tentukan Ukuran dan Jenis

Pertama kali yang harus diperhatikan adalah jenis dan ukuran besi yang dibutuhkan. Setiap jenis bangunan membutuhkan jenis besi atau baja yang berbeda. Bangunan bertingkat biasanya membutuhkan besi beton dan baja wide flange. Sementara bangunan halte busway atau jembatan biasanya membutuhkan besi plat dan baja T-Beam.

Pilih Besi atau Baja SNI

Penting untuk memilih produk yang berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia). Besi atau baja yang berlabel SNI artinya besi tersebut sudah menjalani proses pengujian yang terdiri dari 3K yaitu Keselamatan, Keamanan, dan Kesehatan.

Pilih Merek Dari Perusahaan yang Legal

Perusahaan yang memiliki legalitas biasanya kualitas produknya sudah teruji oleh badan pemerintah, dan mendapatkan label SNI. Informasi legalitas perusahaan ini bisa diperoleh melalui website resmi perusahaan tersebut.

Perhatikan Harga

Harga besi atau baja dengan kualitas di bawah SNI biasanya lebih murah. Hal ini jelas berisiko, karena besi atau baja tanpa label SNI tak dapat diukur ketahanan. Jadi, tidak terjamin keamanan penggunaannya.

Estetika

Saat ini dalam memilih besi maupun baja, tidak hanya faktor kuat dan kokoh saja yang diperhatikan, tetapi juga unsur estetika. Detail kerapihan dari setiap hasil produksi besi dapat mempengaruhi kualitas secara keseluruhan.

Dengan memilih besi atau baja yang tepat, bangunan yang dihasilkan akan lebih tahan lama serta biaya perawatannya juga lebih murah. Tetapi jika salah memilih besi, bangunan yang dihasilkan akan lebih cepat rusak sehingga biaya perawatannya akan menjadi lebih besar.

Seluruh kriteria di atas dapat terpenuhi oleh Sinar Agung Metalindo yang menjual berbagai macam besi maupun baja. Jika Anda ingin membeli material konstruksi, berikut pilihan produk yang dapat dijadikan pertimbangan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *